Top Ad unit 728 × 90

Kumpulan Negara Ter .... Di Dunia

Membahas fakta-fakta unik dan menarik seputar negara-negara di seluruh dunia memang tidak akan ada habisnya. Dikarenakan setiap periode pasti ada yang berubah dari suatu negara tersebut sehingga negara-negara ter ... di dunia juga berubah. Baiklah kali ini penulis akan membahas berbagai negara ter .. di dunia, mulai dari negara terkaya 2016, negara termiskin, negara teraman, dan negara ter ter lainnya.

Negara Terkaya di Dunia

Menurut Bank Dunia, berdasarkan datanya pada tahun 2016 ini negara terkaya di dunia adalah Negara Luxembourg . Luxemborg yang nama resminya Keharyapatihan Luksemburg  merupakan salah satu negara terkecil di Eropa tapi di nobatkan oleh Bank Dunia sebagai negara terkaya di Dunia. Pendapatan perkapitanya mencapai USD 110,665 atau sekitar 1 milyar. Padahal negara ini hanya sebuah negara kecil dengan luas sekitar 2.586 kilometer persegi. Negara Luxemborg ini di kelilingin oleh tiga negara yaitu Perancis, Jerman dan Belgia menjadikan dia selain kaya di sisi ekonomi juga kaya dalam hal budaya terbukti dari penggunaan tiga bahasa resmi yaitu Perancis, Jerman dan Luxemborg. Negara ini mempunyai tingkat pengangguran yang rendah. Menurut beberapa sumber, tingkat penggaguran di negara ini hanya 4,4%  pada juli 2015.

Luxembourg

peta Luxembourg

Negara Termiskin di Dunia

Setelah membahas negara terkaya, sebaliknya ada negara termiskin di dunia. Negara termiskin di dunia menurut data terbaru 2016 . Nah, sampailah kita pada negara yang paling miskin sedunia yang ditempati oleh Republik Afrika Tengah. Negara kecil yang terletak di pedalaman Afrika dengan jumlah penduduk yang hanya sebesar 4 juta jiwa. Negara ini mencatat perolehan GDP/PDB terkecil di dunia, yakni hanya sebesar US $640. Kekerasan sektarian yang hampir terjadi setiap tahun membuat ekonomi Negara ini sulit berkembang. Tata kelola pemerintahan yang amburadul dan korupsi yang merajalela menambah buruknya keadaan. Akibatnya, kemiskinan yang semakin meluas sulit terelakkan.

afrika tengah

peta afrika tengah

Negara Paling Damai di Dunia

Menurut daftar Indeks Perdamaian Global (GPI) 2016, Islandia menjadi negara paling damai dan nyaman untuk ditinggali.

Negeri ini memiliki level demokrasi yang nyaris sempurna, kesetaraan gender dan tingkat kejahatan yang sangat rendah.

Islandia

Di sektor pendidikan negeri ini juga sukses karena 99 persen warganya bebas dari buta huruf. Prestasi ini dimungkinkan karena rakyat Islandia tak perlu membayar untuk bisa bersekolah.

peta Islandia

Rakyat Islandia juga menjadi warga paling melek informasi di dunia dan berada di posisi atas dalam hal kegemaran membaca dan penerbitan buku.

Keterlibatan perempuan dalam berbagai sektor juga sangat tinggi. Islandia adalah negeri pertama di Eropa yang memiliki presiden perempuan, Vigdis Finnbogadottir yang terpilih pada 1980.

Satu lagi kelebihan negeri ini yaitu bebas dari nyamuk karena serangga itu tak bisa hidup di kondisi alam Islandia.

Negara Paling Dibenci di Dunia

Amerika Serikat menjadi negara yang teratas paling dibenci di dunia. Ada beberapa alasan dari kebencian, tersebut tapi yang paling utama adalah kerja sama dengan Israel di Palestina atas nama perang.

tentara amerika serikat

Alasan lainnya adalah keterlibatan langsung AS untuk menghancurkan negara seperti Afganistan, Irak dan sekarang Suriah. Militer As menghancurkan negara tersebut, terakit terorisme, yang dianggap wajar, tapi tidak termasuk wajar jika wanita dan anak-anak juga ikut dibunuh.

Negara Terluas di Dunia

Rusia yaitu satu negara yang membentang luas di sisi timur Eropa serta utara Asia. Dengan area seluas 17.075.400 km², Rusia merupakan negara terluas di dunia. Wilayahnya sekitar dua kalinya wilayah Republik Rakyat Tiongkok (Tiongkok, RRT), Kanada, atau Amerika Serikat.

Penduduknya menempati peringkat ketujuh paling banyak di dunia sesudah Republik Rakyat Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, serta Pakistan.

Negara ini pernah jadi negara bagian terbesar pada waktu masih menjadi Uni Soviet. Rusia merupakan ahli waris terbesar Uni Soviet, yang mana mewarisi 50% jumlah masyarakat, 2/3 luas area, serta lebih kurang 50% aset-aset ekonomi juga persenjataannya.

russia

Sekarang ini Rusia masih tetap berupaya keras agar kembali menjadi negara adidaya, seperti di zaman Uni Soviet dulu.

Rusia terletak di benua Eropa, tepatnya di Eropa Timur dan benua Asia yang mana Pegunungan Ural adalah batas kedua benua tersebut. Area paling luas yaitu Siberia yang mempunya iklim tundra.

peta russia

Lantaran letaknya di belahan bumi bagian utara, mengakibatkan wilayah perairan Rusia kebanyakan tertutupi es.

Rusia punya beberapa sungai, salah satunya Sungai Dnieper (perbatasan dengan Ukraina) serta Sungai Volga. Diluar itu ada juga Laut Kaspia dan Laut Hitam yang bersebelahan dengan Turki. Kapal-kapal Rusia dari Laut Hitam bisa berlayar menuju Laut Tengah serta Terusan Suez melalui Selat Bosphorus dan Selat Dardanela.

Negara Terkecil di Dunia

Vatikan merupakan negara terkecil di dunia. Luasnya hanya 44 hektar dengan penduduk sekitar kurang dari1000 orang. Vatikan berada di tengah kota Roma, Italia.



Uniknya, sumber pemasukan negara ini didapat dari penjualan perangko dan suvenir, tiket masuk museum, serta penjualan buku atau publikasi lain.

vatikan

Vatikan memiliki wilayah seluas 44.000 kilometer persegi. Namun, setelah unifikasi Italia pada 1870, sebagian besar bagian Negara Kepausan memilih menjadi wilayah Italia.

Perjanjian Lateran yang ditandatangani pada 11 Februari 1929 antara Kerajaan Italia dan Tahta Suci memastikan Vatikan tetap menjadi sebuah negara independen.
Kumpulan Negara Ter .... Di Dunia Reviewed by Ter Unik on 11:27 PM Rating: 5

No comments :

All Rights Reserved by Terunik Kumpulan Berita Unik © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.