Top Ad unit 728 × 90

Fakta Unik Olimpiade Rio de Janeiro Brazil 2016

Olimpiade Rio tengah berlangsung setidaknya ketika tulisan ini diterbitkan. Banyak fakta unik dan menarik terkait penyelenggaraan Olimpiade 2016 di Brasil ini. Olimpiade merupakan ajang bergengsi bagi atlet diseluruh negara di belahan dunia untuk berpartisipasi dan menorehkan prestasi demi mengharumkan nama negara. 

Olimpiade Rio 2016



Atlet Olimpiade Independen


Atlet olimpiade independen adalah atlet yang ikut berpartisipasi dalam olimpiade dengan tidak membawa nama negara karena alasan tertentu. Walaupun tanpa membawa nama negara, sejauh ini atlet olimpiade independen sudah mengantongi 1 medali emas melalui atlet menembak yaitu Fehaid Al Deehani.  
Fehaid Al Deehani atlet olimpiade independen

Fehaid Al Deehani merupakan warga negara kuwait. Pada Oktober 2015 silam, Kuwait dijatuhi larangan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk berpartisipasi dalam Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Namun, larangan tersebut tidak berlaku bagi atlet yang tetap ingin berlaga ajang bergengsi tersebut. Hal itulah yang dilakukan oleh Fehaid Al Deehani.

Hasil tersebut membuat atlet 49 tahun itu menjadi peraih medali emas pertama dengan embel-embel independen sejak Olimpiade 1992 di Barcelona, Spanyol. Saat itu Steven Scott yang aslinya dari Britania Raya meraih medali perak.

Meski tidak tampil bersama Kuwait, Fehaid mengaku memberikan medali emas itu pada negara dan rakyat. Dirinya juga menyinggung komite yang melarang Kuwait untuk berpartisipasi. Namun, medali ini bukanlah yang pertama untuk Fehaid.

Tujuh atlet independen lainnya juga berasal dari Kuwait, antara lain Faye Sultan dan Abbas Qali untuk cabang olahraga renang. Kemudian, selain Fehaid, cabang olahraga tembak ada Khaled Al-Mudhaf, Abdullah Al-Rashidi, Saud Habib, Abdulrahman Al Faihan dan Ahmad Alafasi. Terakhir ada Abdulaziz Al-Shatti untuk cabang anggar.

Atlet Pengungsi


Olimpiade Rio 2016 adalah edisi istimewa. Untuk pertama kali, ajang multi cabang olahraga empat tahunan ini diikuti atlet pengungsi. Jumlahnya 10 orang.

Mereka akan bertanding di cabang renang, judo, dan atletik. Masing-masing dua atlet di cabang renang dan judo, serta enam atlet di cabang atletik.

Mereka tidak akan tampil di bawah nama negara, melainkan di bawah naungan Tim Pengungsi Olimpiade (ROT/Refugees Olympic Team). Mereka tampil di Rio 2016 setelah IOC menerima rekomendari dari sejumlah Komite Olimpiade Nasional (NOC) yang menaungi para atlet pengungsi ini.
atlet pengungsi

IOC menyediakan dana USD2 juta untuk keperluan ROT di Olimpiade Rio 2016. Para atlet itu tetap mendapat fasilitas dan perlakuan seperti atlet konvensional. Misalnya menginap di perkampungan atlet.

Fiji Raih Medali Emas Pertama Sepanjang Sejarah


Sejarah tercipta pada gelaran Olimpiade Rio 2016. Negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik, Fiji, berhasil meraih emas dari cabang rugbi setelah mengalahkan Britania Raya dengan skor akhir 43-7. 

atlet rugby fiji

Vatemou Ravouvou berhasil membawa Fiji memenangi medali emas. Catatan ini sekaligus menjadi sejarah emas pertama bagi negara dengan jumlah imigran India dan Pakistan terbanyak.

Pada sisi lain, euforia sangat terlihat di jantung Kota Suva, ibu kota dari Fiji. Masyarakat tumpah ruah ke jalan merayakan pesta kemenangan medali emas tim rugbi. 

Pemerintah Fiji menetapkan 22 Agustus sebagai hari libur nasional untuk merayakan keberhasilan tim rugby meraih medali emas Olimpiade 2016 di Rio.

Itulah beberapa fakta unik olimpiade rio 2016.

Fakta Unik Olimpiade Rio de Janeiro Brazil 2016 Reviewed by Ter Unik on 9:53 PM Rating: 5

No comments :

All Rights Reserved by Terunik Kumpulan Berita Unik © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.