Top Ad unit 728 × 90

Menengok Fakta Mengejutkan di Balik Dinginnya Antartika

Terunik. Tau benua antartika kan? itu tuh benua yang disinyalir sebagai tempat paling dingin yang terletak di kutub selatan bumi. Logikanya, untuk hidup di daerah yang mempunyai hawa dingin maksimal ini, sangatlah sulit. Namun disini bisa ditemui beberapa kehidupan makhluk hidup. Selain itu ditemukan juga beberapa fakta yang mencengangkan di balik dinginnya salju yang menyelimuti benua ini. Berikut fakta Mengejutkan di Balik Dinginnya Antartika.

Ketebalan Es di Antartika lebih dari 1 km 


Es di Antartika


Sebagian besar wilayah antartika atau 99 persen dari Antartika adalah lapisan es yang sangat tebal meliputi hampir keseluruhan benua paling selatan bumi ini. Lapisan es ini seringkali disebut sebagai Ice Sheet atau lembaran es. Ketebalan es dari Antartika yang unik ini bisa mencapai 1 mil atau sekitar 1,6 kilometer. Dengan lapisan es yang begitu tebal, Antartika menyimpan 70 persen air di bumi! Bisa Anda bayangkan bagaimana jadinya jika lapisan es ini meleleh? Oleh sebab itu, banyak pecinta lingkungan mengingatkan kita akan isu pemanasan global.

Ada Kehangatan di Antartika

Antartika terkenal dengan lapisan saljunya yang sangat tebal dan merupakan tempat paling dingin di muka bumi. Tapi kondisi ini ternyata sangat jauh berbeda dengan 53 juta tahun yang lalu. Saat itu, Antartika ternyata begitu hangat dengan suhu saat musim panas mencapai 25 derajat celcius. Saking hangatnya, tanaman tropis seperti pohon palem banyak tumbuh di benua yang paling selatan bumi ini. Lain halnya dengan kini yang lebih banyak didominasi es.

Terdapat 1000 spesies lebih yang hidup di Antartika

jamur antartika


Antartika merupakan tempat paling dingin di bumi dengan suhu paling dingin tercatat mencapai minus 89,2 derajat celcius. Meski mencapai suhu yang sangat rendah, ternyata ada 1150 jenis tanaman jamur yang mampu bertahan di Antartika. Jamur mampu beradaptasi dengan suhu yang sangat rendah. Mereka memiliki kemampuan untuk bertahan dengan siklus membeku dan meleleh yang terus berulang. Hal inilah yang membuatnya mampu bertahan hidup di lingkungan ekstrim.

Antartika Adalah Tempat Paling Kering di Muka Bumi

Tempat paling kering di dunia terletak di Antartika yang diberi nama Dry Valleys. Tempat seluas 48 ribu kilometer ini tidak pernah mengalami hujan selama lebih dari 2 juta tahun dan tidak tampak adanya air, es atau salju di daerah ini.  Angin Katabatic merupakan penyebab mengapa tempat ini menjadi begitu kering, hingga tidak tampak adanya air di tempat tersebut. Angin ini berhembus dari gunung dengan kelembaban yang begitu berat sehingga gravitasi menariknya ke bawah menjauh dari lembah.

Dry Valleys

Antartika Merupakan tempat paling tinggi kandungan garamnya

Laut Mati bukanlah yang terasin di dunia. Justru di Antartika lah, tepatnya Don Juan Pond, merupakan danau dengan kandungan garam tertinggi di dunia. Perbandingannya jika disandingkan dengan laut pada umumnya, Don Juan Pond 18 kali lebih asin daripada air laut biasa, jika dibandingkan dengan Laut Mati, Don Juan Pond 8 kali lebih asin. Lokasi ini ditemukan oleh Lt Don Roe dan Lt John Hickey, pada tahun 1961, saat keduanya melakukan penelitian di Antartika. Nama Don Juan Pond juga diberi oleh kedua peneliti tentara ini, mungkin penggabungan nama keduanya. Suhu di kolam itu-seperti umumnya di kawasan Antartika, cukup rendah, dengan titik terendah bisa mencapai -30 drajat Celcius. Namun tidak pernah sampai membeku seperti tempat lain di Antartika.

Don Juan Pond

Itulah beberapa fakta unik dan menarik mengenai antartika, semoga dapat menambah wawasan anda.
Menengok Fakta Mengejutkan di Balik Dinginnya Antartika Reviewed by Ter Unik on 6:57 AM Rating: 5

No comments :

All Rights Reserved by Terunik Kumpulan Berita Unik © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.