Top Ad unit 728 × 90

Inilah Perbedaan Antara D-IV dan S1

Terunik. Mungkin kita sering mendengar istilah diploma IV atau sering disingkat D-IV dan S1 . Masyarakat awam biasanya menilai bahwa program pendidikan D-IV dan S1 itu sama. Ada juga yang berpendapat DIV itu di bawah S1. Pendapat tersebut memang tidak sepenuhnya salah tapi juga tidak sepenuhnya benar karena jenjang pendidikan D IV dan S1 memang memiliki banyak kesamaan, namun juga punya beberapa perbedaan unik.

D IV dan S1

Pengertian D-IV dan S1

Berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Nasional , Program Diploma IV selanjutnya disebut Program D IV adalah jenjang pendidikan profesional yang mempunyai beban studi minimal 144 satuan kredit semester (sks) dan maksimal 160 sks dengan kurikulum 8 semester dan lama program antara 8 sampai 14 semester setelah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. 

Sedangkan Program S1 adalah jenjang pendidikan akademik yang mempunyai beban studi antara minimal 144 satuan kredit semester(sks) dan maksimal 160 sks dengan kurikulum 8 semester dan lama program antara 8 sampai 14 semester setelah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Perbedaan Antara D-IV dan S1

Dari penjelasan di atas, sekilas DIV dan S1 mempunyai pengertian sama, namun ada yang berbeda. Perhatikan tulisan yang saya cetak biru di atas. D4 memiliki KUALIFIKASI yang sama dengan S1, namun KOMPETENSI-nya berbeda.

Selain itu yang membedakan antara  program Diploma-IV  dengan S1 adalah kurikulumnya. D4 memiliki bobot studi 60% praktek dan 40% Teori, sebaliknya S1 memiliki bobot studi 40% Praktek dan 60% Teori. disinilah letak perbedaan antara program studi D4 dan S1. Dengan penyusunan kurikulum yang seperti ini diharapkan lulusan D4 ini akan siap untuk bekerja, sedangkan lulusan S1 diarahkan ke bidang riset dan disiapkan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi sampai jenjang akademis Doktor. 

S1 dapat di ibaratkan SMA sedangkan D-IV dapat diibaratkan SMK.

Dari nama gelar, S1 akan diberi gelar sarjana diikuti dengan cabang ilmu yang dipelajarinya seperti S.Pd, S.Si, S.T , SH, dan lain lain sedangkan DIV akan memperoleh gelar Sarjana sains terapan (S.ST) . 

Di luar negeri, misalnya di Australia, Sarjana Sains Terapan disebut dengan Bachelor of Applied Science.

Perbedaan Antara D-IV dan S1


Itulah Perbedaan S1 dan D-IV. DIV dan S1 adalah setara atau setingkat. Jadi jangan takut untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke DIV atau S1 karena mereka sama-sama diakui oleh pemerintah.

Untuk pegawai negeri, jenjang D4 sudah disamakan dengan S1 sehingga pertama masuk langsung sama-sama start di Golongan IIIA. 

Inilah Perbedaan Antara D-IV dan S1 Reviewed by Ter Unik on 8:38 AM Rating: 5

No comments :

All Rights Reserved by Terunik Kumpulan Berita Unik © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.